Minggu, 08 Mei 2011

Taman Nasional Laut Kepulauan Karimun Jawa

Dimana Taman Nasional Laut Kepulauan Karimun Jawa ?

Di Utara pulau jawa, tempat nya masuk dalam wilayah Kabupaten Jepara – Jawa tengah, dan berada pada posisi 5′ 40" – 5′ 57" LS dan 110′ 4" – 110′ 40" BT, Barat laut Kota Kab. Jepara. Berjarak sekitar 45 mil atau sekitar 74 km dari pelabuhan kartini – jepara, Jawa tengah. Temperatur udaranya berkisar antara 23° – 32° C. Waktu yang tepat untuk mengunjungi pulau indah ini adalah dari bulan April s/d Oktober, yaitu pada musim kemarau. Karena pada musim hujan yang terjadi antara bulan Nopember s/d Maret atau musim Barat, seringkali ditemi angin yang cukup kencang dan gelombang yang besar.

Ditetapkan sebagai Taman Nasional Laut sejak tahun 1988, dengan luas wilayahnya yang berupa daratan 7.033 ha dan 104.592 ha perairan laut sehingga total luas keseluruhan Taman Nasional Laut kepulauan karimun jawa mencapai 111.625 ha.. Luas wilayah yang berupa daratan terbagi dalam 27 pulau, dan hanya 5 pulau yang dihuni manusia. Kelim apulau tersebut adalah P. Karimunjawa, P. Kemujan, P. Parang, P. Nyamuk dan P. Genting. Sebagian besar penduduk pulau-pulau ini berasal dari pulau jawa, dan pada umumnya bermata pencaharian sebagai nelayan.

Sebagai taman nasional laut, tentu kawasan yg di kelola oleh Balai Taman Nasioanal KarimunJjawa tentu tidak akan lepas dari kehidupan laut. Mulai dari perlindungan terumbu karang sampai ke perlindungan biota flora dan fauna dan ekosistem laut yang mempunyai ciri khas tersendiri. Salah satu contoh flora yang dilindungi di taman nasional ini adalah pohon Dewadaru yang katanya di percaya mempunyai nilai sejarah oleh masyarakat di kepulauan karimun jawa.

Karena keunikan dan keindahannya serta potensi alamnya yang masih alami, kawasan yang letaknya berada pada lintasan bahari antara Indonesia bagian timur dan barat, kawasan Karimun jawa layak menjadi tempat kunjungan terbaik untuk wisata alam laut.
Pengelolaan taman nasional laut Karimun Jawa meliputi hal berikut:
• Tempat perlindungan dan pelestarian sumber daya alam laut dan tata lingkungannya
• Tempat kegiatan penelitian yang berhubungan dengan konservasi jenis flora dan fauna laut.
• Meningkatkan pemanfaatan untuk kepentingan pendidikan dalam bidang konservasi alam dan kegiatan pariwisata.

Tempat menarik :
Kawasan taman Nasional Laut karimun menawarkan keindahan Bawah laut, diantaranya berupa terumbu karang yg masih dalam keadaan baik dan fauna laut yang unik. Keindahan ini dapat anda nikmati melalui kegiatan snorkeling, diving dan tentu saja memancing tak ketinggalan. Tempat bersnorkeling terbaik adalah pulau menjangan kecil, Ujung Gelam dan Krakal dan pulau-pulau lainnya.

Untuk anda yang tertarik dengan wisata budaya dan sejarah, ada suatu tempat yg cukup menarik yaitu wisata ziarah ke makam sunan nyamplung di pulau karimun yg berjarak sekitar 7 km dari kota kec. Karimun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar