Rabu, 24 November 2010

RESENSI NOVEL "POSITIF"

Judul buku : Positif
Tebal buku : 235 lembar
Harga : Rp. 27.500-,
Pengarang : Maria Silvi
Penerbit : Jogja Bangkit Publisher
Peresensi : Frisky Friendly SM

*Synopsis novel “Positif” :

Kesibukkan di Rumah Sakit sangatlah tak ada habisnya, para Dokter dan suster selalu siap siaga untuk membantu para pasien. Setiap dokter pastilah harus memegang teguh “sumpah dokter” atau biasa disebut “sumpah hipocrates”.

Novel ini berceritakan tentang HIV AIDS dan ODHA . Beserta pandangan para dokter ahli tentang bagaimana cara merawat para ODHA, agar mereka bisa merasa lebih dihargai.

Tepat berada di sebuah Rumah Sakit yang dimana terdapat seorang dokter muda bernama Glad. Dia cantik, pintar, dan mempunyai keluarga yg bahagia. Glad begitu sempurna selain punya segalanya Glad juga mempunyai tunangan bernama Dean. Dean sangat menyayangi Glad, tapi dibalik itu semua satu yang menjadi kekurangan Glad. Bagaimana cara Glad memandang ODHA yang menginap HIV positif. Menurut Glad seseorang yg menginap HIV positif sangatlah menjadi sampah masyarakat, mereka menjijikan, dan Glad tak mau hanya karena mengobati mereka Glad bisa tertular penyakit itu.
Dalam hal ini Glad sangatlah bodoh, tak ingatkah dia saat mengucapkan “sumpah hipocrates” ? Dimana seorang dokter harus memberi yang terbaik untuk para pasien nya .

Tapi suatu hari Glad mendapatkan hal yang berbeda tentang persepsi seorang ODHA, semua itu ia dapatkan dari seorang ODHA yang aktif dalam organisasi para ODHA yang bernama Rendi.
Sampai akhirnya Glad pun mendapat musibah, karena dia tahu ternyata Dean kekasihnya yg sangat sempurna itu menyayangi Glad karna ia seorang dokter yang cantik, dan pintar. Semua Dean lakukan untuk mengangkat derajat keluarganya yang kaya raya itu. Tapi karena Glad lebih cinta dengan profesi nya yang mulia dan menolak permintaan orang tua Dean yang dimana menginginkan Glad untuk menjadi dokter kecantikan.

Akhirnya Glad lambat laun menyimpan rasa cinta ke Rendi yang seorang ODHA itu, dia menerimanya dan lalu menikah dengan Rendi, dengan berbagai perjuangan yang mereka lewati bersama. Dua tahun berlalu dan akhirnya Glad dan Rendi memiliki seorang anak, dengan HIV negative.

*kelebihan dan kekurangan :
dalam novel ini alur cerita nya sangat baik, mengharukan dan sangat bermanfaat untuk pembelajaran. Tapi ada beberapa kata-kata kedokteran yang tak ada penjelasan lebih detailnya, sehingga orang-orang awam yang tak tahu dengan dunia kedokteran agak sedikit bingung.

*saran :
saran untuk novel ini lebih di lampiran keterangan yang agak lbh detail tentang penjelasan-penjelasan kata-kata kedokteran yang terlampir dalam novel ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar